Sunday, October 2, 2016

BEGINI CARA MENGATUR GAJI BULANAN YANG BAIK

Bicara masalah gaji, siapa yang tak suka. Akhir bulan selalu menjadi dambaan tersendiri buat semua orang, segala jerih payah selama satu bulan terbayarlah sudah ketika gaji yang ditunggu-tunggu diterima. Setelah uang ditangan kita mulai bingung bagaimana membaginya untuk satu bulan ke depan. Untuk sebagian orang mungkin sudah membuat rencana anggaran pengeluaran untuk mengontrol uang yang dimiliki akan tetapi sebagian lain masih dengan cara sederhana mengontrol keuangannya. Tak terpungkiri kadang sebelum akhir bulan uang sudah ludes, habis untuk kebutuhan yang mungkin tak jadi prioritas. Menabung pun menjadi hal yang susah dilakukan.

Untuk itu, Saya akan mencoba memberikan sedikit cara mengatur keuangan Anda semua agar bisa membantu Anda untuk mengontrol keuangan Anda. Coba perhatikan diagram di bawah ini ;


Gb. Diagram Manajemen Keuangan Per Bulan

Dari diagram diatas bisa diperhatikan bahwa dari gaji yang kita peroleh selama sebulan bekerja harus dibagi sesuai tata cara diatas agar semuanya bisa terkontrol.

Contoh :
Seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta memperoleh gaji bulanan sebesar Rp8.000.000,00 per bulan. Selama ini dia merasa gaji yang diperoleh dirasa berlalu begitu saja tanpa ada tabungan dan malah kekurangan karena dia juga mempunyai tanggungan di Bank yang harus dicicil untuk setiap bulannya.  Bagaimana cara mengatasi hal itu agar Si Karyawan bisa punya tabungan dan cukup dengan gaji tersebut.
Jawab :
Dari gaji Rp8.000.000,00 kita bagi dulu ke dalam bagian-bagian ;
1. kebutuhan pokok = 50% x Rp8.000.000,00 = Rp4.000.000,00
2. Cicilan Utang = 30% x Rp8.000.000.00 = Rp2.400.000,00
3. Tabungan = 10% x Rp8.000.000,00 = Rp800.000,00
4. Lain-lain = 10% x Rp8.000.000,00 = Rp800.000,00

Dari hasil yang diperoleh tersebut, kita tidak boleh melanggar aturan yang ada, dalam artian kita tidak bisa menambah/mengurangi hasil dari masing-masing bagian. Bukan berarti untuk kebutuhan pokok misalnya harus dihabiskan selama satu bulan, meskipun kita bisa menghematnya. Kita bisa mengalokasikan ke dalam bagian tabungan atau lain-lain. Untuk Cicilan utang tidak boleh lebih dari 30% dari gaji yang diterima selama satu bulan karena bisa mempengaruhi jumlah/proporsi yang lainnya.

Disini yang menjadi poin adalah Cicilan Utang, TIDAK BOLEH lebih dari 30%. Kemudian kebutuhan pokok juga tidak boleh lebih dari 50% tetapi kalau kurang dari 50% malah lebih baik.


Cobalah ikuti aturan diatas dan lihat dampak yang terjadi di kehidupan keuangan Anda. Asal Anda menjaga komitmen untuk patuh pada aturan diatas, Saya kira semuanya akan menjadi lebih baik. Selamat berusaha dan semoga sukses.

1 comment:

  1. Thanks infonya menarik banget. Oiya ngomongin mengelola gaji karyawan, ternyata ada loh beberapa kesalahan finansial yang kerap dilakukan karyawan baru. Mau tau apa aja? Bisa cek di sini: kesalahan finansial karyawan baru

    ReplyDelete